6 Tips Mengatasi Disleksia pada Anak

Tips Mengatasi Disleksia pada Anak – Kesulitan dalam mempelajari, memahami, dan mengungkapkan simbol bunyi dari rangkaian huruf, kata-kata atau angka biasa disebut dengan disleksia. Namun, bukan berarti anak disleksia itu bodoh. Bahkan mungkin seorang anak disleksia adalah orang yang jenius. Ini terbukti ketika kita membaca biografi tokoh terkenal yang sebenarnya mengalami disleksia seperti Albert Einstein.

Supaya penderita disleksia itu menjadi seorang yang jenius, maka dibutuhkan penanganan yang tepat untuk mereka. Untuk mengatasi anak disleksia, haruslah bersabar. Jangan pernah berharap agar seorang anak tersebut mengalami perubahan yang cepat. Apa saja tips mengatasi disleksia pada anak? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

tips mengatasi disleksia pada anak

Tips Mengatasi Disleksia Pada Anak

1. Kunsultasikan Kepada Dokter

Mungkin sering kita tidak menyadari seperti apa anak disleksia itu. Bahkan hal remeh seperti kesalahan pengucapan huruf itu terabaikan dan hanya dianggap ketidaksengajaan saja. Amatilah tiap anak bila Anda adalah seorang guru ataupun orang tua. Ketika seorang anak mengalami kesulitan membedakan beberapa huruf, daya tangkap dari sebuah penjelasan berbeda pemahaman dari yang sebenarnya atau bahkan jauh dari yang dijelaskan oleh seorang guru ataupun orang tua. Maka langkah utama yang harus dilakukan adalah konsultasi kepada dokter atau seorang psikolog. Langkah ini menjadi tips mengatasi disleksia pada anak pertama yang bisa Anda lakukan. Biasanya seorang dokter akan memberi saran agar anak disleksia melakukan terapi rutin dengan penangan medis.

2. Buat Lingkungan Belajar Anak yang Asyik

Seorang anak disleksia cenderung bosan bila dijejali metari ataupun praktik secara terus menerus yang bisa jadi membosankan bagi mereka. Maka buatlah lingkungan belajar yang asyik. Misalnya belajar sambil bermain, sering dibacakan cerita secara berulang, buat teka-teki, dan masih banyak cara asyik lainnya. Tentu selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kondisi lingkungan belajar. Apakah sudah terbilang bersih dan nyaman untuk mereka. Karena keadaan lingkungan yang bersih dan rapi akan membuat anak disleksia mudah untuk menangkap pelajaran.

3. Terus Beri Semangat

Anak disleksia cenderung mengalami ketidakpercayaan terhadap diri sendiri. Karena itu diperlukan sekali dukungan dari orang tua atau guru. Beri kasih sayang lebih. Jangan sekali-kali menyalahkan anak disleksia karena ia sulit menangkap materi yang Anda ajarkan. Teruslah motivasi agar anak itu berpikir untuk bangun dan percaya diri meraih cita-citanya. Sempatkan beri pujian bila seorang anak mengalami kemajuan dalam bakat dan belajarnya. Ini menjadi salah satu tips mengatasi disleksia pada anak yang harus diaplikasikan setiap hari.

4. Jangan Biarkan Dia Sendiri Ketika Belajar

Seorang anak disleksia yang sedang belajar sendiri kebanyakan dari mereka akan merenung saja. Bisa jadi ia meratapi nasibnya yang dianggap kesulitan untuk belajar. Maka, mendampingi belajar anak disleksia menjadi bagian yang penting. Karena seorang anak akan lebih percaya diri bahwa masih ada yang perhatian dengan pendidikannya. Selain itu, ia kan lebih percaya diri pula dalam belajar. Ia pun akan mudah mengingat apa yang dipelajarinya.

5. Ajarkan Secara Detail

Tips mengatasi disleksia pada anak berikutnya adalah dengan cara mengajarkan secara detail. Misal ketika mengajarkan sesuatu yang berhubungan dengan fonietik. Tulis salah satu kata yang besar dikertas. Bacakan dengan perlahan dan jelas. Lalu mintalah agar seorang anak itu mengeja per huruf dan membacanya dengan lantang. Hal seperti ini membantu proses daya tangkap dan ingatan seorang anak disleksia.

6. Belajar dengan Menggambar

Seorang anak akan lebih mudah mengingat apapun yang berhubungan dengan gambar. Maka tips mengatasi disleksia pada anak bisa kita arahkan mereka untuk menggambar. Misal ketika menemukan kosa kata gunung, mintalah mereka untuk menggambar gunung. Dari gambar yang termudah saja bagi mereka. Atau dengan mencari gambar di google dan internet, lalu tunjukkan kepada mereka.

Demikian adalah tips mengatasi disleksia pada anak. Bersabarlah saat mengajarkan mereka. Semoga bermanfaat.

baca juga : 3 Obat Sariawan di Lidah untuk Anak

Add Comment