6 Cara Mengatasi Mata Alergi Debu Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Mata Alergi – Mata merupakan bagian terpenting yang digunakan sebagai alat indra untuk melihat keadaan sekitar. Namun terkadang mata mengalami masalah yaitu mata alergi yang bisa disebabkan debu. Mata alergi yang disebabkan karena debu sangat disarankan untuk tidak menguceknya. Hal ini dikarenakan mata yang dikucek akan mengalami ganguan yang lebih parah dan bisa menyebabkan mata mengalami peradangan.

Dengan demikian, Anda memang harus bisa mengatasi mata alergi dengan cara yang tepat serta menggunakan bahan yang alami. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengatasi mata alergi, selengkapnya simak ulasan berikut ini!

6 Cara Mengatasi Mata Alergi Debu Dengan Bahan Alami

6 Cara Mengatasi Mata Alergi Secara Tradisional

Di bawah ini ada beberapa cara mengatasi mata alergi yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa caranya diantaranya:

Air Mawar

Air Mawar

Cara mengatasi mata alergi yang pertama yaitu dengan menggunakan air mawar. Air mawar merupakan salah satu bahan alami yang bisa mengatasi mata alergi. Hal ini dikarenakan air mawar mengandung senyawa yang bisa mendinginkan bagian mata yang mengalami alergi. Caranya cukup mudah yaitu dengan membasuh mata dengan menggunakan air mawar, lakukan minimal 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan sore untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Teh Hijau

Teh Hijau

Cara yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan teh hijau. Teh hijau mengandung anti-inflamasi yang bisa membuat mata akan tenang dan bisa membuat gatal juga berkurang. Selain itu, caranya juga sangat mudah yaitu dengan merebus teh hijau. Kemudian saring dan biarkan hingga dingin. Setelah itu basuhlah air rebusan yang telah dingin ke bagian mata, ulangi berkali-kali untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Mentimun

Mentimun

Bahan alami yang bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi mata alergi yaitu dengan menggunakan mentimun. Mentimun merupakan salah satu sayuran yang mengandung anti inflamasi dan anti iritasi yang bisa mengurangi rasa gatal serta mengurangi gejala mata merah. Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan menghaluskan mentimun yang sudah dicucu bersih dan diamkan dalam lemari es selama beberapa menit. Setelah itu taruh mentimun yang telah dingin di bagian mata yang mengalami alergi. Biarkan sekitar 10 menit, dan ulangi menggunakanya kurang lebih 4-5 kali dalam sehari.

Susu Dingin

Susu Dingin

Susu merupakan salah satu bahan yang sering digunakan oleh masyarakat untuk mengurangi mata alergi. Hal ini dikarenakan susu dingin bisa membuat mata dingin secara instan. Caranya yaitu dengan mencelupkan kapas di susu dingin, kemudian oleskan pada bagian mata yang mengalami alergi secara berulang-ulang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa menggunakannya saat pagi dan malam selama seminggu.

Menggunakan Air Hangat

Air hangat

Air hangat memang sangat efektif untuk mengurangi mata alergi, atau mata mengalami gatal, serta belekan akibat dari mata yang mengalami alergi. Namun demikian, harus diperhatikan air yang digunakan yaitu air hangat bukan air panas, apabila air terlalu panas di khawatirkan akan membuat mata mengalami iritasi. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan membasahi handuk dengan air hangat, kemudian kompres pada bagian mata yang mengalami alergi. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menggunakan Air Dingin

air Dingin

Cara mengatasi mata alergi yang terakhir yaitu dengan menggunakan air dingin. Tidak hanya air hangat yang bisa digunakan sebagai salah satu cara, akan tetapi air dingin juga bisa digunakan sebagai salah satu caranya. Hal ini dikarenakan air dingin dapat menenangkan mata yang mengalami iritasi dan gatal. Caranya hampir sama dengan air hangat yaitu dengan membasahai air dingin dengan handuk, kemudian kompres pada bagian mata yang mengalami iritasi. Lakukan secara berulang-ulang mendapatkan hasil yang terbaik.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi mata alergi yang bisa Anda jadikan sebagai cara untuk mengatasi mata alergi yang Anda alami. Apalagi cara tersebut termasuk cara yang mudah dilakukan bukan? jadi tidak alasan untuk tidak mencobanya. Terimakasih dan selamat mencoba!

Silahkan baca juga artikel lain tentang kesehatan mata :

6 Cara Mengatasi Mata Cekung Secara Alami

5 Cara Mengatasi Mata Belekan Secara Tradisional

5 Cara Mengobati Mata Cylinder Secara Tradisional

Add Comment