5 Penyakit Berbahaya Akibat Obesitas dan Cara Mengatasinya

Penyakit Berbahaya Akibat Obesitas dan Cara Mengatasinya – Apakah Anda salah satu dari penderita obesitas atau kelebihan berat badan di atas normal? Efek yang merugikan dapat menyerang Anda akibat berat badan berlebih, seperti datangnya berbagai penyakit ringan hingga berat, bahkan hingga menyebabkan seseorang meninggal akibat obesitas itu sendiri. Dan berikut beberapa penyakit yang kemungkinan terjadi akibat obesitas:

penyakit berbahaya akibat obesitas dan cara mengatasinya

  1. Diabetes

Diabetes terjadi akibat adanya kandungan gula berlebih dalam tubuh, penderita diabetes akan memiliki  kandungan gula yang tinggi. Ketika seseorang yang mengalami obesitas cenderung memiliki lemak berlebih salah satu jenis lemak adalah gula.

  1. Hipertensi

Penyakit darah tinggi atau hipertensi akan mudah terjadi pada penderita obesitas karena kinerja  jantung akan tidak stabil seiring banyaknya hambatan lemak pada aliran darah manusia sehingga darah yang mengalir tidak lancer lalu terjadilah hipertensi.

  1. Gagal Ginjal

Seseorang yang mengalami obesitas cenderung tidak menjaga makanan  yang mereka masukan dalam mulut seperti makanan kadar garam yang tinggi, makanan manis, makanan berlemak dan  makanan  yang banyak mengandung perasa buatan jika terus menerus dilakukan ginjal akan mengalami kerusakan secara perlahan akibat menumpuknya banyak kolestrol, lemak dan  racun yang menumpuk pada ginjal dan tidak diimbangi dengan makanan sehat kemungkinan penyakit  gagal ginjal akan terjadi.

  1. Ketidakseimbangan Hormon

Lemak pada penderita obesitas bisa menghambat kinerja otak yang mengatur keseimbangan hormon, salah satu lemak yang bisa mempengaruhi hormon adalah lemak yang berasal dari hewani.

  1. Stroke

Stroke akan menyerang penderita obesitas karena seperti yang sudah dijelaskan di atas tumpukan lemak jahat pada pembuluh darah akan terjadi pada penderita obesitas tidak mengenal letak tubuh, jika lemak jahat berada pada otak maka tubuh akan mengalami kendala karena  posisi otak mengatur segala hal didalam tubuh, saat otak terjadi hambatan aliran darah maka stroke ringan atau berat akan mudah terjadi.

Cara Mengatasinya

Cara mengatasi berbagai penyakit berbahaya di atas, tentu harus mencegah obesitas itu sendiri sebagai pemicu utamanya. Berikut cara mencegah atau mengatasi obesitas yang wajib diketahui.

  1. Perhatikan pola makan Anda

Pola makan atau cara makan yang buruk akan berdampak langsung kepada penumpukan lemak berlebih dan kenaikan berat badan yang tidak terkontrol. Untuk mengatur pola makan, Anda bisa mengawali dengan beberapa poin di bawah ini.

  • Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Makan lahap dengan porsi banyak sampai kekenyangan memang salah satu bentuk kepuasan tersendiri apalagi jika hidangan makan tersebut adalah menu-menu kesukaan. Namun perlu diingat, kebiasaan ini sama sekali tidak baik untuk kesehatan menyeluruh. Terlebih saat perut begah langsung di bawa berbaring atau tidur maka kemungkinan menderita obesitas perut sangat besar.

  • Biasakan Makan Perlahan

Biasakan untuk makan secara perlahan. Sebab jika menyantap makanan dalam keadaan terburu-buru atau sudah menjadi kebiasaan, membuat organ pencernaan bekerja sangat lambat karena harus menghaluskan makanan yang belum sempurna dikunyah. Akibatnya, penyerapan nutrisi makanan juga ikut terhambat. Hasilnya, karbohidrat yang Anda konsumsi pun mengendap dan menumpuk lama dalam tubuh.

  • Hindari Makanan yang Memicu Obesitas

Masih berhubungan dengan makanan yang akan kita konsumsi ya. Hal yang harus Anda lakukan selanjutnya ialah membiasakan menghindari makanan yang memicu obesitas, di antaranya. Kurangi makanan yang digoreng dan makanan cepat saji.

  1. Rajin Berolahraga

Berolahraga rutin adalah kegiatan fisik yang tak hanya menyenangkan tapi juga bermanfaat besar bagi kesehatan tubuh. Dalam kasus obesitas, faktor yang sangat menentukan normalnya Body Mass Index (BMI) adalah berolahraga teratur. Untuk mewujudkannya, Anda bisa melakukan olahraga pada pagi atau sore hari. Bisa juga di siang hari, dengan olahraga sederhana seperti berjalan-jalan di blok kantor atau bersepeda di komplek rumah selama 10-30 menit setiap hari.

  1. Hindari Rokok dan Alkohol

Jika Anda seorang pecandu rokok maupun alkohol, segeralah tinggalkan kebiasaan buruk tersebut. Rokok mengandung nikotin yang bisa menjadi plak dalam pembuluh darah Anda. Dan alkohol yang Anda konsumsi akan masuk ke dalam tubuh melalui pembuluh darah dan menghambat aliran darah dari jantung ke semua bagian tubuh. Aliran darah yang tidak lancar ini akhirnya dapat memicu obesitas.

  1. Konsumsi Jus Lemon

Salah satu buah alami terbaik untuk mengatasi obesitas adalah jus lemon. Rutin mengkonsusmsi jus lemon, tubuh Anda akan memperoleh nutrisi yang dapat membakar lemak. Selain itu pencernaan yang sehat dan bagus juga akan Anda dapati. Nah jika digabungkan lemak yang terbakar dan pencernaan yang sehat tentu dapat membantu penurunan berat badan secara efektif.

Tak hanya itu, manfaat jus lemon juga berperan sebagai detoksifikasi dalam tubuh yakni proses pembuangan racun di tubuh dan melancarkan sistem metabolisme tubuh. Dianjurkan untuk minum jus lemon ini setiap hari di pagi hari saat perut Anda kosong. Lakukan selama paling sedikit 1 bulan secara teratur.

  1. Buah Pepaya

Pepaya telah dipercaya sebagai buah yang kaya manfaat bagi kesehatan, tak terkecuali untuk penderita obesitas. Buah pepaya sangat tinggi serat yang bagus untuk pencernaan dan nutrisinya akan memerangi lemak jahat yang menumpuk. Untuk hasil optimal, Anda bisa memvariasikan buah lainnya yang juga kaya serat seperti pisang, apel dan alpukat.

  1. Teh Hijau

Sudah bukan rahasia lagi kalau teh hijau mampu membantu menurunkan berat badan dan sering dikonsumsi untuk membantu proses diet. Sebuah penelitian di Penn State menerangkan bahwa salah satu kandungan hebat dalam teh hijau yaitu EGCG (epigallocateching-3-gallate) sangat efektif dalam memerangi obesitas. Minumlah dua sampai tiga gelas teh hijau setiap hari secara teratur untuk mencegah obesitas.

baca juga : 5 Kebiasaan Buruk Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Itulah lima penyakit berbahaya akibat obesitas dan cara mengatasinya. Nah, alangkah baiknya jika sekarang Anda menghitung dulu berat badan Anda. Jika berat badan Anda berada di atas normal sebaiknya lakukan hal untuk membuatnya ideal kembali, atau setidaknya tidak menambah berat badan yang Ada. Hal itu penting dilakukan guna sebagai pencegahan obesitas sejak dini sebelum ia menjadi benar-benar berbahaya dan mengancam nyawa Anda.

5 Penyakit Berbahaya Akibat Obesitas dan Cara Mengatasinya | Dwi Ady | 4.5