5 Krim Obat Kulit Gatal Yang Telah Terbukti Khasiatnya

Obat Kulit Gatal – Sedang mencari obat kulit gatal? Jika “Ya”, Anda sudah berada pada tempat yang tepat, sebab Meroket.com akan share 5 jenis obat gatal-gatal kulit yang memiliki khasiat bagus. Kalau penyakit kulit yang Anda alami pada bagian kaki, Anda bisa melihat pembahasan lengkapnya dalam artikel sebelumnya di sini Obat Gatal Pada Kulit Kaki Dari Bahan Alami.

Bicara mengenai kulit gatal, ada beberapa penyebabnya, yang paling umum dikenal adalah karena alergi, jamur atau biang keringat. Penyakit gatal pada kulit yang ringan biasanya cukup dioleskan salep atau obat oles sejenis, sudah bisa sembuh. Sementara kalau penyakit kulit sudah pada tahap kronis, langkah terbaik yang harus diambil adalah segera berobat ke dokter.

obat kulit gatal

5 Macam Obat Kulit Gatal Yang Berupa Krim

“Krim” berarti bahwa obat tersebut merupakan obat luar dan sama sekali tidak boleh masuk ke dalam mulut atau selaput lendir apapun karena akan beresiko menimbulkan akibat yang fatal. Obat gatal krim ini hanya boleh digunakan pada bagian kulit luar saja dengan cara dioleskan. Berikut kelima jenis obat gatal yang dimaksud.

1. Krim Yang Mengandung Hidrokortison

Krim obat gatal dengan kandungan Hidrokortison sangat efektif untuk mengatasi rasa gatal yang disebabkan oleh peradangan dan iritasi. Iritasi dan peradangan tersebut contohnya akibat memakai logam perhiasan, jam tangan, gesper dan barang sejenis.

Meskipun sangat ampuh untuk mengatasi kulit gatal karena iritasi atau peradangan, namun tidak untuk jenis penyakit gatal kulit yang disebabkan oleh jamur, sebab bukannya membuat sembuh, malah berpotensi memperparah. Untuk itu, jika daerah tubuh sekitar jari kaki, vagina dan pangkal paha tidak disarankan memakai krim yang mengandung Hidrokortison ini.

2. Krim Yang Terdapat Pramoxine

Jika krim obat gatal pada poin nomor satu bagus untuk mengobati gatal-gatal pada kulit karena iritasi, berbeda dengan krim yang mengandung Pramoxine ini yang lebih cocok dipakai pada kulit gatal yang disebabkan oleh serangga. Kalau Anda digigit nyamuk, tungau, semut gatal atau sejenisnya, mengoleskan krim yang mengandung Pramoxine akan bisa mengobatinya.

3. Krim Dengan Zat Menthol

Menthol diketahui merupakan satu zat yang juga bisa mengobati rasa gatal pada kulit. Sensasi krim yang mengandung bahan ini adalah dingin. Obat kulit gatal ini sayangnya tidak cocok untuk semua orang, sehingga sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan agar lebih aman serta bisa mnghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Krim Obat Kulit Gatal Yang Mengandung Calamine

Krim obat kulit gatal yang di dalamnya terdapat zat yang disebut Calamine bukan hanya efektif untuk mengobati gatal pada kulit, tapi juga ampuh untuk mengobati ruam yang melepuh yang ada di kulit. Jenis kulit gatal yang disebabkan oleh gigitan dan racun serangga adalah jenis penyakit yang cocok diobati dengan rim yang mengadung Calamine ini.

5. Krim Dengan Kandungan Dipenhydramine

Obat gatal berupa krim yang mengandung Dipenhydramine sangat egektif untuk mengobati rasa gatal pada kulit. Cara kerjanya adalah dengan menghambat efek yang ditimbulkan oleh Hastamin, yang merupakan senyawa yang dikeluarkan oleh sistem imun tubuh yang menimbulkan rasa gatal.

Untuk mengetahui jenis krim yang mengandung 5 zat di atas, Anda bisa bertanya langsung kepada petugas apotik yang menjual dan kemudian memastikan kandungannya dengan melihat komposisi krim yang terdapat di kemasan luar atau dalam. Beberapa krim di atas bisa langsung dipakai tanpa memerlukan konsultasi dengan dokter, namun ada juga yang wajib berkonsultasi terlebih dahulu. Demikian, semoga bermanfaat.

5 Krim Obat Kulit Gatal Yang Telah Terbukti Khasiatnya | Dwi Ady | 4.5