5 Cara Sederhana Untuk Mengobati Kebiasaan Mendengkur

Cara Sederhana Untuk Mengobati Kebiasaan Mendengkur – Mendengkur adalah kebiasaan buruk yang menganggu bagi orang yang tidur bersamanya. Setelah seharian bekerja keras, Anda tidak akan bisa tetap tenang jika orang di sebelah Anda tidur dalam kondisi mendengkur.

Banyak orang menganggap mendengkur ringan, tidak mempengaruhi kesehatan. Namun, menurut para peneliti, mendengkur mungkin terkait dengan banyak gejala serius yang sayangnya banyak orang tidak menyadarinya.

Obstructive sleep apnea (OSA), juga disebut obstructive sleep apnea, adalah suatu kondisi di mana saluran udara menjadi terhambat selama tidur, menghasilkan penurunan kadar oksigen dan peningkatan CO 2. Perubahan dalam 10 detik ini menyebabkan otak mengetahui bahwa pernapasan telah berhenti sehingga tubuh perlu bangun dalam waktu singkat untuk bernapas lagi. Ini adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum pada orang yang mendengkur.

Mendengkur adalah penyebab utama sindrom apnea tidur

Bagi orang-orang dengan OSA, proses ini dapat terjadi dalam beberapa menit, yang biasanya terjadi beberapa kali malam dan dianggap karena kantuk yang berlebihan. Sementara latihan ini terbukti bagi mereka yang tidak menghadiri jam kerja atau mengemudi, itu juga menyebabkan beberapa tanda negatif untuk tubuh seperti hipertensi atau masalah kardiovaskular.

Cara Sederhana Untuk Mengobati Kebiasaan Mendengkur

 

5 cara sederhana untuk mengobati kebiasaan mendengkur

Berikut adalah 5 tips sederhana untuk membantu Anda menyembuhkan mendengkur agar tidur lebih baik dan tidak mengganggu orang lain.

  • Jangan banyak minum alkohol

Banyak orang berpikir bahwa minum alkohol membantu untuk tidur lebih baik, hanya karena semakin banyak Anda minum, semakin mudah mabuk dan lebih banyak tidur. Namun, kenyataannya tidak demikian. Bahkan jika Anda tidur, tubuh Anda tidak nyaman, terutama ketika Anda minum menjelang tidur.

Terlalu banyak memasukkan alkohol ke dalam tubuh Anda akan membuat proses pernapasan sulit, karena jumlah udara yang dihirup melalui area sempit menyebabkan jaringan sekitarnya bergetar, menciptakan suara yang menghasilkan suara mendengkur.

Terlepas dari fenomena ini, alkohol juga mengganggu tidur REM, yang membuat kita tidur nyenyak dan tidak merasa bangun setelah bangun tidur.

  • Berhentilah merokok

Sleep apnea dan sleep apnea syndrome adalah dua dari sekian banyak efek berbahaya dari merokok. Asap rokok dapat menyebabkan pembengkakan di saluran udara dan bronkitis, yang membuat napas lebih sulit dan mendengkur keras.

  • Makan sehat dan berolahraga secara teratur

Orang yang kelebihan berat badan juga lebih mungkin mengalami sleep apnea dan mendengkur karena jaringan lemak di sekitar leher dan mulut yang menyebabkan obstruksi jalan napas obstruktif. Jadi, buat pola makan yang wajar, pastikan cukup nutrisi dan olahraga teratur untuk mencegah mendengkur, serta meminimalkan jumlah masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

  • Minum banyak air

Banyak orang memiliki kebiasaan minum sedikit air sebelum tidur karena takut mengganggu tidur di malam hari. Namun, dehidrasi dapat menyebabkan tenggorokan dan saluran hidung menjadi lebih lengket, sehingga menyebabkan pernapasan terhambat. Jadi, pastikan Anda selalu menyediakan cukup air untuk tubuh Anda sebelum tidur.

  • Jaga tempat tidurmu bersih

Tempat tidur dengan kotoran dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan dan mendengkur adalah salah satunya. Setelah beberapa lama digunakan, debu dapat terakumulasi di bantal, seprei atau kasur. Bagi orang-orang dengan alergi, ini tidak baik karena alergi seperti rinitis alergi dapat menyebabkan hidung tersumbat, yang berkontribusi mendengkur dan mempengaruhi kualitas tidur. Pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan mempengaruhi proses udara yang melewati hidung, terutama di malam hari.

Untuk mencegah hal ini, Anda perlu menjaga tempat tidur Anda bersih, dengan mencuci seprei sekali seminggu dan membersihkan bantal Anda secara menyeluruh.

baca juga : Posisi Tidur Pengaruhi Kecantikan

Sekian itulah tadi yang dapat kami sampaikan tentang 5 cara sederhana untuk mengobati kebiasaan mendengkur, semoga dapat membantu Anda mengatasi masalah mendengkur saat tidur.

5 Cara Sederhana Untuk Mengobati Kebiasaan Mendengkur | Dwi Ady | 4.5