5 Cara Mengatasi Mata Belekan Secara Tradisional

Cara Mengatasi Mata Belekan – mata merupakan salah satu organ indra yang sangat rawan mengalami masalah. Salah satunya yaitu mata belekan. Mata belekan biasanya disebabkan mata mengalami alergi akibat debu, mata kelelahan, serta mata akibat dikucek-kucek sehingga membuat mata akan mengalami iritasi. Hal ini tentunya akan membuat mata akan memproduksi kotoran yang berlebuhan dan membuat mata akan mengalami belekan.

Dengan demikian, Anda memang  harus segera untuk mengobati mata belekan, bila tidak segera di obati maka akan menyebabkan mata iritasi dan peradangan. Nah, untuk itulah Anda juga harus mengetahui lebih lanjut cara mengatasi mata belekan, selengkapnya simak ulasan berikut ini!

5 Cara Mengatasi Mata Belekan Secara Tradisional

5 Cara Mengatasi Mata Belekan Secara Tradisional

Di bawah ini ada beberapa cara mengatasi mata belekan yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa caranya diantaranya:

Daun Sirih

Daun Sirih

Cara mengatasi mata belekan yang pertama yaitu dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih merupakan salah satu tanaman yang ternyata bisa mengurangi mata belekan. Hal ini dikarenakan daun sirih mengandung senyawa yang bisa membuat mata yang gatal penyebab belekan dapat berkurang. Caranya dengan merebus daun sirih, kemudian dinginkan dan gunakan air rebusan tersebut pada bagian mata yang mengalami belekan. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan untuk membuat masakan menjadi enak. Padahal tahukah Anda? bahwasannya bawang putih juga bisa mengobati mata belekan. Bawang putih mengandung anti bakteri yang bisa membunuh bakteri atau kuman yang membuat mata belekan. Caranya dengan hanya mengupas bawang putih, kemudian potong menjadi dua bagian. Setelah itu oleskan bagian ujung bawang putih pada bagian bawah mata. Lakukan cara ini beberapa menit, meskipun cara ini termasuk cara yang bisa membuat mata perih. Akan tetapi cara ini termasuk cara yang ampuh.

Mengkompres Mata

Mengkompres Mata

Mengkrompes bisa menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi mata belekan. Dengan mengkompres mata dengan air hangat bisa membuat belek pada mata akan mencair dan mengurangi belek akan muncul kembali. Caranya pun cukup mudah hanya dengan membasahi handuk denga air hangat, kemudian gosokkan handuk tersebut  di bagian mata yang mengalami belekan. Lakukan secara teratur hingga belek pada mata mulai berkurang.

Kentang

Kentang

Cara yang selanjutnya yaitu dengan kentang. Kentang merupakan salah satu sayuran yang bisa digunakan untuk mengatasi belekan. Hal ini dikarenakan kentang mengandung senyawa anti bakteri dan senyawa yang bisa mengurangi belekan dan mencegah pembengkakan. Caranya dengan haluskan kentang, kemudian masukkan kentang yang telah halus ke dalam kain. Kemudian gosok-gosokkan pada bagian mata yang mengalami belekan. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mentimun

Mentimun

Cara mengatasi mata belekan yang terakhir yaitu mentimun. Mentimun merupakan salah satu sayuran yang ternyata sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah pada mata. Salah satunya yaitu mata belekan. Caranya pun sangat mudah dengan hanya memotong timun dengan tipis, kemudian tempelkan pada mata. Dengan demikian, akan membuat mata akan nyaman dan mengurangi masalah pada mata. Sebab mata belekan bisa disebabkan karena mata kelelahan dan akibat debu.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi mata belekan yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi sakit mata Anda. Selain itu, bahan-bahan di atas termasuk bahan yang mudah di dapat dan sangat aman. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak mencobanya bukan?  Terima kasih dan selamat mencoba!

Silahkan baca juga artikel lain tentang kesehatan mata :

6 Cara Mengatasi Mata Cekung Secara Alami

6 Cara Mengatasi Mata Alergi Debu Dengan Bahan Alami

5 Cara Mengobati Mata Cylinder Secara Tradisional

5 Cara Mengatasi Mata Belekan Secara Tradisional | Dwi ady | 4.5