5 Aplikasi Edit Foto di Komputer

5 Aplikasi Edit Foto di Komputer – Memiliki foto yang sangat bening, cerah dan jelas adalah hal yang paling diinginkan oleh pemilik foto. Zaman dahulu hasil foto tidaklah setajam dan sebening zaman sekarang. Tidak heran banyak yang kurang puas dengan hasil foto zaman dahulu. Meskipun zaman sekarang ini sudah banyak kamera-kamera dengan kemampuan yang tinggi untuk bisa menangkap foto dengan bagus, namun masih banyak yang belum memilikinya. Hal ini dikarenakan harga kamera tersebut sangatlah mahal dan hanya kalangan tertentu saja yang bisa membelinya.

Akan tetapi kamera yang mahal bukan menjadi suatu halangan bagi yang suka berfoto-foto. Kamera handphone atau kamera digital juga tidak jadi masalah asalkan Anda bisa mengeditnya. Nah, untuk mengedit foto tersebut dibutuhkan aplikasi edit foto yang mana bisa Anda pasang di ponsel android ataupun komputer. Karena lebih enak dan nyaman mengedit foto di komputer, maka pada kesempatan kali ini Meroket.com akan membahas aplikasi edit foto di komputer. Aplikasi-aplikasi yang akan kita bahas ini dipilih berdasarkan banyaknya orang yang menggunakan. Lebih lanjut mengenai aplikasi-aplikasi edit foto tersebut bisa Anda simak selengkapnya di bawah ini.

5 Aplikasi Edit Foto di Komputer

Mengedit foto tidak pernah semudah ini, beruntung kita dilahirkan pada saat teknologi sedang berkembang. Sehingga foto yang dahulunya tidak bisa di-edit, kini kita bisa mengeditnya sesuai dengan keinginan kita. Pengeditan foto ini penting sekali dilakukan guna mendapatkan hasil foto yang jauh lebih baik. Tidak hanya perorangan biasa saja yang melakukan editing foto, bahkan para profesional seperti fotografer pun juga ikut serta dalam melakukan edit foto dengan aplikasi-aplikasi edit foto yang akan dibahas kali ini. Sehingga rasanya sangat ketinggalan zaman dan merugi sekali bila Anda tidak bisa melakukan editing foto.

Namun jika Anda memang tertarik untuk melakukan editing foto, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa aplikasi edit foto di komputer yang bisa Anda gunakan. Berikut ini adalah 5 aplikasi edit foto di komputer yang bisa Anda coba gunakan :

1. Photoscape

Photoscape

Photoscape

Aplikasi edit foto di komputer pertama yang saat ini cocok sekali untuk Anda coba adalah Photoscape. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengolah foto yang biasa jadi luar biasa. Tentu saja proses pengolahan foto menjadi luar biasa tersebut dilakukan dengan tahapan editing cahaya, ketajaman foto, dan pewarnaan yang baik. Semua itu bisa Anda lakukan menggunakan aplikasi edit foto satu ini.

Kekurangan dari aplikasi foto ini adalah tidak didukungnya sistem layer. Sehingga proses editing gambar selalu bertumpuk dan tidak bisa dengan mudah kita rubah susunannya. Namun kekurangan tersebut digantikan dengan kelebihan yang jarang dimiliki oleh beberapa aplikasi edit foto di komputer, yakni stok koleksi Clipart yang bisa dengan mudah Anda pakai. Jika memang Anda mengedit foto tidak benar-benar sampai untuk memanipulasinya, maka aplikasi yang satu ini cocok sekali untuk Anda.

2. GIMP

GIMP

GIMP

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda coba gunakan untuk mengedit foto di komputer adalah GIMP. Aplikasi GIMP ini memiliki kepanjangan yakni GNU Image Manipulation Program. Sesuai namanya aplikasi ini memang dibuat agar Anda dapat dengan mudah melakukan manipulasi pada gambar. Aplikasi ini sudah cukup lama dikeluarkan dan terus dikembangkan sampai saat ini. Diketahui GIMP ini mulai keluar dan dipakai oleh orang banyak sejak tahun 1996.

Bisa dikatakan GIMP ini adalah aplikasi edit foto yang terbaik. Tidak hanya gratis untuk digunakan, aplikasi GIMP ini juga memiliki banyak fitur yang bisa Anda gunakan untuk berbagai macam keperluan. Saking banyak fiturnya, maka membuat aplikasi yang satu ini sepertinya pantas dijuluki aplikasi edit foto di komputer terbaik.

Diantara fitur-fiturnya tersebut yang paling banyak digunakan adalah clone, smudge tool, inserting tool, frame, filter, pen tool, airbrush tool, layer tool, blur tool, color tool, dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya. Jika Anda menginginkan aplikasi edit foto yang gratis namun memiliki fitur-fitur yang sangat powerful, maka tidak perlu diragukan lagi; GIMP adalah jawabannya.

3. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Aplikasi edit foto di komputer yang berikutnya sudah cukup populer dan terkenal luas di seluruh dunia. Kecanggihan serta kemudahan pengoperasiannya membuat banyak orang menggunakannya. Aplikasi tersebut adalah Adobe Photoshop. Aplikasi inilah yang banyak sekali digunakan oleh orang untuk melakukan manipulasi gambar atau foto.

Kekurangan dari aplikasi ini yakni harus berbayar. Dahulu Anda bisa membeli sekali, kemudian menggunakannya berkali-kali. Namun sejak versi terbaru keluar, Anda butuh berlangganan selalu setiap tahun atau bulannya untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Hal ini mungkin berat bagi sebagian orang, namun sebenarnya tujuannya adalah agar perusahan pengembang aplikasi edit foto ini bisa terus merawat dan memperbahrui hal-hal yang diperlukan. Namun harga yang harus Anda keluarkan untuk menggunakan aplikasi edit foto ini sepertinya sebanding dengan fitur-fitur dahsyat yang dimilikinya.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi edit foto satu ini antara lain adalah sistem layer, sistem history undo redo, selection tool, erase tool, lightning tool, text tool, shape tool, slicing tool, dll. Banyak sekali fitur-fitur lainnya yang ada pada apiikasi edit foto satu ini. Rasanya menuliskan semua fitur-fitur yang dimilikinya akan membuat Anda bosa dalam membacanya. Pada intinya aplikasi ini sangat cocok sekali digunakan oleh para profesional yang memang kebutuhan dan pekerjaan sehari-harinya berhubungan dengan dunia fotografi.

4. Paint.NET

Paint.NET

Paint.NET

Setelah Photosop, aplikasi edit foto berikutnya yang bisa Anda gunakan lewat komputer adalah Paint.NET. Aplikasi pengedit foto satu ini rasanya hanya cocok digunakan oleh para pemula ataupun orang yang ingin mengedit foto namun tidak membutuhkan efek khusus. Sebab aplikasi ini hanya bisa Anda gunakan untuk fitur-fitur sederhana saja. Fitur tersebut misalnya adalah merotate gambar, mengubah ukuran, penambahan efek, dan berbagai fitur lainnya yang sama seperti pada aplikasi Paint bawaan default windows. Jika Anda adalah seorang profesional, maka aplikasi satu ini rasanya tidak cocok untuk Anda. Namun jika Anda adalah seorang pemula atau orang yang gaptek, maka aplikasi ini sangat cocok sekali untuk Anda.

5. Phoxo

Phoxo

Phoxo

Urutan yang terakhir ditempati aplikasi edit foto bernama Phoxo. Sama seperti GIMP, aplikasi satu ini sudah ada lama sekali. Diketahui Phoxo ini sudah hampir mencapai 10 tahun sejak pertama kali dirilis. Dalam waktu selama itu, Phoxo telah mengalami perubahan yang cukup banyak. Perubahan tersebut tentu saja menambahkan fitur-fitur baru yang dianggap oleh pengembangnya sangat penting.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi Phoxo tersebut adalah penambahan clip art, pemberi watermark, penambahan efek, pemutaran gambar, dan masih banyak lagi lainnya. Aplikasi Phoxo ini bisa dikatakan berada di level menengah. Baik pemula maupun profesional bisa menggunakan aplikasi ini jika memang dibutuhkan.

Baca Juga : 4 Aplikasi Download Video Instagram

Demikian adalah 5 Aplikasi Edit Foto di Komputer yang bisa Anda coba. Dengan beberapa aplikasi edit foto di atas tentu akan memudahkan Anda dalam mengedit foto. Tinggal dipilih saja mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba.

5 Aplikasi Edit Foto di Komputer | dyca | 4.5