4 Cara Untuk Mengatasi Mimisan Yang Terus-Menerus

Cara Untuk Mengatasi Mimisan Yang Terus-Menerus – Setiap orang pasti pernah merasakan rasanya mimisan. Mimisan adalah peristiwa keluarnya darah dari lubang hidung. Keluarnya darah dari lubang hidung ini biasanya disebabkan karena terjadinya selaput lendir di dalam hidung yang robek atau pecah, sehingga darah keluar dari hidung. Tak jarang yang khawatir apabila hal ini terjadi. Terlebih mimisan bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak bahkan orang dewasa.

Mimisan sejatinya banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor yang secara sadar disepelekan. Namun, saat bersamaan juga secara pasti mimisan kunjung lebih parah. Maka, perlu adanya cara untuk mengatasi mimisan yang terus-menerus agar tidak menimbulkan efek lainnya. Dan teruntuk Anda yang sering mengalami mimisan, silahkan simak uaraian dalam artikel ini secara teliti.

cara untuk mengatasi mimisan yang terus-menerus

4 Cara Untuk Mengatasi Mimisan Yang Terus-Menerus

Dibawah ini adalah beberapa cara untuk mengatasi mimisan yang terus-menerus:

1. Duduklah dengan Posisi Condong Ke Depan

Mimisan biasanya terjadi secara tiba-tiba. Bisa kapan saja dan dimana saja. Mendudukkan pasien yang mimisan dengan posisi condong ke depan dapat menjadi langkah awal yang dapat dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi darah tidak masuk ke kerongkongan dan paru-paru. Cara untuk mengatasi mimisan yang terus-menerus dalam pengaplikasinnya adalah seperti berikut ini:

  • Pertama, dudukkan pasien dengan posisi kepala lebih condong ke depan.
  • Kedua, jepit hidung dengan kedua jari dan ambil nafas melalui mulut selama kurang lebih 2 menit.
  • Terakhir, jika darah sudah berhenti mengalir, kompres hidung dengan es hingga darah membeku dan pembuluh darah mengecil.

2. Daun Sirih

Dari waktu ke waktu daun sirih telah terkenal manfaatnya, selain sebagai pereda batuk, mengatasi keputihan dan mengatasi mata merah ternyata daun ini sudah cukup terkenal digunakan untuk mengatasi mimisan. Cara menggunakannya sangatlah mudah. Cukup dengan mengambil selembar daun sirih muda, ini dapat dilihat dari warna daunnya, daun sirih muda berwarna hijau lebih muda (tidak hijau pekat). Kemudian haluskan dengan cara meremas-remasnya sampai minyak pada daunnya keluar, lalu gunakan untuk menyumbat hidung. Cara kedua ini lebih efektif dari yang pertama, yaitu dengan mengambil daun sirih selembar saja, lalu gulunglah daun tersebut, kecil saja, sekira-kira dapat masuk ke hidung, lalu sumbatlah hidung dengan daun sirih yang sudah digulung tersebut

3. Akar Teratai

Bagi yang hobinya datang ke tempat pemancingan pasti tak asing dengan bunga elok yang satu ini. Tanaman yang kerap kali dijumpai di rawa-rawa ini ternyata menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan. Hal ini bahkan jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Selain dikenal banyaknya manfaat bagi kesehatan, akar teratai ini dapat digunakan untuk mengatasi mimisan. Adapun cara untuk mengatasi mimisan yang terus-menerus dengan akar teratai yaitu:

  • Siapkan 200 gram akar teratai, lalu cuci hingga bersih
  • Tumbuk akar teratai yang sudah dibersihkan sampai halus
  • Teteskan air akar teratai dalam hidung sebanyak 2-3 tetes, dan sisanya dapat diminum.

4. Akar Alang-Alang

Jika Anda adalah orang yang bertempat tinggal di pedesaan atau kebetulan dekat dengan pedesaan pastinya tidak akan asing lagi dengan nama tumbuhan alang-alang ini. Tumbuhan yang terlihat seperti rumput-rumput yang tumbuh liar ini memiliki bau yang khas apabila di remas. Tumbuhan ini dapat ditemukan di hutan-hutan dan ladang. Nah, ternyata akar alang-alang ini dapat digunakan untuk mengatasi mimisan loh. Cara sangat sederhana yaitu:

  1. Siapkan 60 gram akar alang-alang , kemudian bersihkan
  2. Rebus dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya
  3. Setelah air rebusan mendidih, angkat kemudian saring untuk diambil airnya
  4. Minumlah air rebusan akar alang-alang tersebut 2 kali dalam sehari, pagi dan sore dalam keadaan hangat.

Demikian cara untuk mengatasi mimisan yang terus-menerus. Selain dari beberapa cara di atas, ada salah satu cara sederhana lagi yang bisa Anda gunakan. Yakni dengan memanfaatkan kangkung. Kangkung banyak mengandung vitamin dan zat yang akan menghentikan proses mimisan. Maka, rekomendasi paling tepat jika menggunakan kangkung sebagai obat mimisan adalah dengan cara dikonsumsi. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.

baca juga : 7 Tanda-Tanda Bahwa Tubuh Anda Menderita Kekurangan Vitamin Yang Parah

Add Comment