4 Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat – Sariawan merupakan kondisi akibat panas dalam dan kekurangan vitamin C. Sariawan menyerang bagian mulut, biasanya pada bagian bibir dalam, gusi atau pun bibir bagian atas. Sariawan akan timbul dalam bentuk bulat dan sangat kecil pada awalnya. Kemudian, akan membesar dengan warna putih kekuning-kuningan. Kondisi ini sungguh sangat mengganggu aktivitas yang seharusnya lancar.

Sariawan memberikan reaksi perih jika kita menyentuhnya. Apa pun makanan yang kita konsumsi jika mengenainya akan sangat perih. Terlebih jika kita mengkonsumsi makanan pedas. Sudah pasti air mata menetes hanya karena perih sariawan. Maka, perlu Anda ketahui cara mengobati sariawan dengan cepat agar aktivitas menjadi lancar. Aktivitas yang lancar akan membuat Anda tidak mengalami kendala sampai harus lembur.

cara mengobati sariawan dengan cepat

4 Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Anda mungkin sering terkena panas dalam, bila demikian sudah pasti sering diserang oleh sariawan juga. Terkadang sariawan tidak menyerang satu saja, melainkan dua sekaligus. Maka, perlu adanya penanganan mengenai sariawan. Adapun cara mengobati sariawan dengan cepat, diantaranya:

1. Konsumsi Air Kelapa

Cara mengobati sariawan dengan cepat salah satunya dengan mengkonsumsi air kelapa. Air kelapa dipercaya mampu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Saat dehidrasi, air kelapa sangat bagus untuk dikonsumsi. Air kelapa akan menyembuhkan panas dalam seketika. Maka, air kelapa juga mampu menyembuhkan sariawan. Cukup sediakan satu gelas air kelapa setiap hari dan minum. Rasakan nikmatnya dan penyembuhan dari sariawan.

2. Buah Dan Jambu Biji

Sariawan sungguh membuat makanan apa pun serasa tidak nikmat bukan? Jika saja bisa dibuang, maka sariawan tersebut rasanya tidak perlu segan-segan untuk dibuang secara jauh-jauh. Bagi Anda yang mengalami sariawan, makan tidak perlu khawatir, sariawan ini mampu disembuhkan oleh jambu biji.

Kandungan vitamin C dalam buah jambu biji akan terserap saat kunyahan terjadi dan mengenai sariawan. Hanya dengan mengkonsumsi secara langsung buah jambu biji, sariawan dijamin sembuh. Begitu juga dengan daun jambu biji. Kandungan oralit yang terdapat dalam jambu biji akan membunuh bakteri yang berada dalam mulut. Sehingga, sariawan sembuh secara perlahan. Cukup dengan mengunyah daun jambu biji selama 10 menit, lalu kumurlah dengan air.

3. Kunyit

Kunyit sebagai rempah yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit sudah sangat direkomendasikan oleh pakar di seluruh dunia. Rempah yang memberikan warna kuning pada bagian yang dikenainya mampu menyembuhkan sariawan. Kunyit mengandung senyawa anti bacterial dan anti inflasi sehingga mampu membunuh bakteri disegala penyakit. Cara mengobati sariawan dengan cepat adalah dengan memarutkan kunyit lalu menempelkan pada bagian sariawan. Tahan selama 10 menit kemudian kumur-kumur.

4. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh terkenal dengan rasa asamnya yang luar biasa. Kandungan vitamin C dalam belimbing wuluh mampu menyembuhkan sariawan secara perlahan. Caranya cukup mudah. Petik dan cucilah belimbing wuluh. Lalu kunyah hingga mengenai bagian yang terkena sariawan. Tahan selama 5 menit lalu kumur-kumur dengan air bersih.

Selain empat tips di atas, bahan alami lain juga masih sangat bermanfaat dan menyembuhkan. Salah satunya adalah madu. Madu dikenal sebagai obat mujarab nomor satu di dunia yang mampu mengobati segala jenis penyakit. Maka, tidak diragukan lagi jika mengobati sariawan dengan madu nantinya akan sembuh total. Sariawan pergi, makanan pun ikut lezat saat dikonsumsi.

Demikian ulasan mengenai cara mengobati sariawan dengan cepat dan alami. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi panduan untuk terus menjaga kesehatan mulut. Mari mengatasi sariawan dengan bahan dan cara alami.

baca juga : Inilah Bahaya Albothyl untuk Obat Sariawan yang Perlu Diketahui

4 Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat | Dwi Ady | 4.5