4 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Akibat Flu

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Akibat Flu – Hidung adalah bagian dari saluran pernafasan yang kerap mengalami gangguan jika kondisi lingkungan tidak memungkinkan. Misalnya saja saat kondisi panas dan berdebu. Hidung akan mengeluarkan reaksi yaitu bersin-bersin. Reaksi ini ditimbulkan oleh penyaringan kotoran.

Lalu bagaimana kondisi hidung saat pergantian cuaca? Nah, bila pergantian cuaca terjadi biasanya kebanyakan orang akan mengalami yang namanya flu. Hal ini terjadi akibat reaksi tubuh yang melakukan adaptasi dengan perubahan suhu tubuh yang terjadi. Gejala ini awalnya ditunjukkan dengan sakit demam, lalu berhujung pada pilek dan batuk.

Bila Anda mengalami flu apalagi sampai hidung terasa tersumbat maka secara tidak langsung kondisi ini akan sangat menjengkelkan bukan? Nah, bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat akibat flu? Untuk lebih lengkapnya silahkah simak terus artikel ini ya.

cara mengatasi hidung tersumbat akibat flu

4 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Akibat Flu

Flu akan sangat mejengkelkan karena menyumbat pernapasan di hidung. Flu bisa terjadi pada orang dewasa maupun anak kecil. Nah, cara mengatasi hidung tersumbat akibat flu diantaranya:

1. Banyak Minum Air Hangat

Air menjadi salah satu kebutuhan tubuh yang harus dipenuhi bila flu menghampiri. Saat flu datang, otomatis hidung tersumbat dan membuat nafas menjadi sulit. Bahkan terkadang untuk bernafas Anda harus menggunakan mulut. Air putih hangat adalah salah satu solusi untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat akibat flu ini. Air hangat akan secara langsung bereaksi untuk melancarkan hidung tersumbat saat diminum. Jadi bila hidung Anda tersumbat saat flu, cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan cara banyak minum air hangat.

2. Menghirup Uap Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat akibat flu berikutnya adalah adalah menghirup uap hangat. Uap yang hangat sama dengan air hangat. Hanya saja prosesnya berbeda. Cara untuk menghirup uang hangat yaitu masak air terlebih dahulu. Biarkan sampai mendidih, lalu dekatkan hidung pada uap tersebut. Tahan selama satu menit. Lakukan hal ini sampai hidung benar-benar tidak tersumbat.

3. Kompres Hidung Dengan Air Hangat

Air hangat sejatinya dapat menghilangkan flu dalam seketika. Reaksi air hangat dapat membuat lendir menjadi cair. Salah satu cara yang paling efektif adalah mengkompres hidung dengan air hangat. Caranya sangat mudah dan sederhana saja. Sediakan handuk kecil dan air hangat. Lalu celupkan handuk dan peras sedikit. Tempelkan handuk pada bagian hidung. Rasakan kelegaannya. Cara ini bisa juga diterapkan pada bayi.

4. Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih sebagai bumbu masakan yang berfungsi sebagai penyedap mampu menyembuhkan flu. Bawang putih memiliki senyawa yang mampu membuat bakteri hilang seketika. Cara menyembuhkan flu dengan bawang putih adalah dengan cara memakannya secara langsung. Bawang putih sebagai anti bakteri akan bekerja secara langsung saat dikunyah. Banyak mengkonsumsi bawang putih saat flu adalah pilihan yang bijak untuk cepat sembuh.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi hidung tersumbat akibat flu yang wajib Anda aplikasikan bila terkena flu. Cara yang alami dan mudah diterapkan secara instan di atas dapat membantu Anda. Cara alami ini tidak akan menimbulkan efek samping. Maka, sangat disarankan untuk terus dilakukan hingga flu Anda mereda.

Selain empat cara di atas, masih banyak cara mengatasi hidung tersumbat akibat flu yang mampu Anda lakukan. Namun, cara di atas adalah cara yang paling populer dan sederhana saat pengaplikasiannya. Salah satu cara yang tidak kalah populer adalah mengkonsumsi makanan pedas. Hal ini akan membuat flu hilang sementara. Semoga artikel ini bermanfaat.

baca juga : Gejala dan Cara Mengatasi Migrain Paling Efektif

4 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Akibat Flu | Dwi Ady | 4.5