Beberapa Penyebab Tekanan Darah Rendah Yang Sering Dialami

Penyebab Tekanan Darah Rendah – Darah rendah memang sangat terjadi pada diri kita yang sering melakukan hal-hal secara berlebihan dan mengakibatkan tekanan darah yang turun. Turunnya tekanan darah tersebut tentu saja terdapat beberapa hal yang menyebabkan darah tidak stabil. Namun, Anda bisa mengetahui beberapa penyebab yang membuat tekanan darah Anda menjadi turun dengan menyimak ulasan singkatnya berikut ini!

Penyebab Tekanan Darah Rendah

Penyebab Tekanan Darah Rendah

Di bawah ini kami akan memberikan ulasan singkat seputar penyebab tekanan darah rendah yang banyak dikeluhkan sekarang ini, dan Anda bisa pahami agar bisa mengatasi penyakit ini. Adapun beberapa penyebab darah rendah tersebut diantaranya:

Adanya Sakit Anemia

Adanya Sakit Anemia

Salah satu penyebab yang bisa membuat Anda selalu merasa pusing disertai dengan lelah dan terasa sekujur badan lemas, maka Anda terkena anemia yang berujung ke darah rendah. Hal tersebut tentu saja membuat Anda semakin tidak stabil jika tidak mengetahui penyebab apa yang membuat darah Anda turun terlalu drastic. Memang kurang darah dan darah rendah memiliki kemiripan gejala, namun tekanan darah rendah sendiri merupakan gejala dari kurangnya darah.

Hormon Tubuh Yang Tidak Seimbang

Hormon Tubuh Yang Tidak Seimbang

Lagi-lagi penyebab dari tekanan darah yang rendah yakni dengan adanya hormon yang tidak seimbang dalam tubuh kita. Maka dari itu, adanya ketidakseimbangan hormon yang merupakan akibat dari penyakit darah rendah. Misalnya dengan Anda menderita diabetes dan Addison yang keduanya sangat mengganggu kestabilan kadar air, mineral dan tekanan darah dalam tubuh Anda. Sehingga makin tidak imbang dan menurunkan darah Anda.

Perubahan Posisi Secara Mendadak

Perubahan Posisi Secara Mendadak

Hal ini juga bisa menunjang turunnya darah Anda sehingga anda terkena darah rendah dimana aliran darah yang ada dalam tubuh tidak bergerak atau bisa jadi terhambat. Ada baiknya Anda menyesuaikan beberapa gerakan dalam berpindah posisi, jangan sampai mendadak atau salah pindah posisi. Perubahan posisi dari berbaring atau duduk ke berdiri bisa jadi penyebab munculnya gejala hipotensi. Orang yang mengalami penglihatan berkunang-kunang disebut mengalami hipotensi ortostatik dimana sangat kekurangan darah.

Pendarahan Serius

Pendarahan Serius

Dengan Anda yang mengalami pendarahan secara serius atau berlebihan maka hal tersebut bisa dikatakan Anda mengalami darah rendah. Misalnya saat terjadi kecelakaan, melahirkan atau pendarahan lainnya yang mengakibatkan turunnya asupan darah pada jaringan tubuh Anda. Dengan adanya hal tersebut tentu saja akan menjadi mengakibatkan dan penyebab tekanan darah rendah akan turun secara drastis.

Berdiri Terlalu Lama

Berdiri Terlalu Lama

Nah, bagi Anda yang menghabiskan kegiatannya dengan banyak berdiri, ada baiknya sekarang rubah hal tersebut untuk sering berganti posisi seperti duduk. Dengan Anda terlalu lama berdiri akan mengakibatkan turunnya darah di tubuh Anda. Dikarenakan berdiri terlalu lama dapat mengakibatkan aliran darah mengumpul di tubuh bagian bawah. Kondisi hipotensi akibat kasus ini dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah.

Efek Samping Penggunaan Obat

Efek Samping Penggunaan Obat

Beberapa jenis obat seperti antidepresi, anti hipertensi dan beberapa obat lainnya ternyata mempunyai efek samping yang sangat kuat dalam menurunkan tekanan darah secara drastis. Maka dari itu ada baiknya Anda selalu hati-hati dan pilih obat yang sudah dianjurkan oleh dokter saja dari pada salah obat dan menjadi penyebab tekanan darah rendah pada diri Anda.

Proses Kehamilan

Proses Kehamilan

Mungkin bagi wanita yang sering cepat mengalami darah rendah maka akan sering di rasakan saat proses kehamilan. Kehamilan juga menjadi salah satu penyebab tekanan darah rendah yang sangat serius. Hal tersebut dikarenakan oleh sistem peredaran darah yang berkembang lebih cepat.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab tekanan darah rendah yang bisa Anda pahami dan juga ketahui lebih jelas lagi. Semoga bermanfaat.

Silahkan baca juga artikel lain tentang kesehatan :

Kenali Ciri Darah Rendah Anda Kambuh Lagi Hari Ini

Macam – Macam Gejala Darah Rendah Yang Penting Untuk Diperhatikan

Laju Endap Darah Tinggi

Add Comment